Trending

Header Ads

Ini Dia 7 Mitos Kehamilan yang Sering Beredar di Masyarakat, Bunda Pernah Dengar?

Mitos seputar kehamilan.

Kehamilan merupakan anugerah luar biasa bagi para perempuan, tetapi juga menjadi salah satu hal mengkhawatirkan karena banyaknya mitos kehamilan yang sering beredar di masyrakat.

Mitos kehamilan yang sering beredar di masyarakat hingga saat ini kerap mengganggu keyakinan para calon ibu. Pasalnya, ada saja larangan saat hamil yang harus dipatuhi. Tentu saja, seringkali hal tersebut membuat tidak nyaman.

Lalu, apa saja, sih, mitos kehamilan yang sering beredar di masyarakat? Haruskah kita mematuhi larangan saat hamil demi kebaikan janin? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!


Ini Dia 7 Mitos Kehamilan yang Sering Beredar di Masyarakat


1. Tidak boleh melakukan hubungan intim

Banyak sekali orang yang berasumsi bahwa berhubungan intim saat hamil dapat menyebabkan keguguran dan janin akan terluka akibat aktivitas tersebut.

Padahal, selama kehamilan ibu tidak bermasalah, berhubungan intim saat hamil sah-sah saja dilakukan.

Jangan khawatir akan menyakiti janin. Sebab, dalam kandungan, ia sudah terlindungi oleh kantung dan cairan ketuban, otot rahim yang kuat, serta lendir tebal pada leher rahim.

Jika masih ragu untuk berhubungan intim saat hamil, Bunda dapat mengajak pasangan ke dokter kandungan supaya mendapat saran yang tepat sesuai kondisi kehamilan.


2.  Jenis kelamin janin dapat dilihat dari bentuk perut sang ibu

Anggapan satu ini tampaknya selalu eksis di deretan mitos kehamilan. Di berbagai daerah, banyak yang memercayai jika bentuk perut sang ibu bulat maka janin yang dikandung merupakan anak perempuan. 

Begitu pula sebaliknya, jika sedikit lonjong, maka ibu tersebut dipercaya tengah mengandung janin laki-lai.

Larangan saat hamil

Tentu saja hal ini hanyalah deretan mitos kehamilan belaka, karena bentuk perut pada ibu hamil dipengaruhi oleh kekuatan otot perut sang ibu dan posisi janin di dalam kandungan.

Untuk mengetahui jenis kelamin janin, Bunda dapat melakukan USG pada kehamilan minggu ke-18 hingga minggu ke-20.


3. Tidak boleh makan pisang dempet

Tidak diperbolehkan untuk menyantap pisang dempet mungkin termasuk salah satu mitos seputar kehamilan yang  sering Bunda dengar. Lantaran banyak yang percaya itulah penyebab ibu melahirkan bayi kembar siam.

Padahal, kembar siam bisa terjadi jika pembelahan sel dan pembentukan organ tubuh janin saat organogenesis tidak sempurna.


4. Mengkonsumsi jahe berbahaya bagi ibu hamil

Mitos seputar kehamilan lain yang tentu tidak asing adalah dilarang mengkonsumsi jahe saat sedang hamil. Katanya, jahe dapat menyebabkan kontraksi karena bersifat panas.

Menurut seorang medical expert, dr. Carlinda Nekawaty dalam Webinar 'Manfaat Khusus 7 Bahan Alami untuk Kehamilan dan Pasca-Persalinan', jahe justru dapat membantu mengurangi mual dan muntah yang sering dialami sebagian ibu hamil.


5. Tidak boleh memotong rambut selama hamil

Tidak bisa dimungkiri, perubahan hormon yang dialami ibu hamil kerap menyebabkan rambut rontok serta merasa gerah. Akhirnya, munculah ide untuk memotong rambut.

Berhubungan intim saat hamil

Akan tetapi, banyak yang percaya jika memotong rambut saat hamil bisa menyebabkan janin terlahir cacat. Entah bagaimana mitos tersebut dapat terbentuk dan terus bertahan hingga sekarang.

Nyatanya, dalam segi kesehatan, memotong rambut tidak ada hubungannya dengan bayi yang tidak sempurna fisiknya saat dilahirkan. Asal selalu ingat, hindari menggunakan obat-obatan atau bahan kimia berbahaya saat melakukannya.


6. Harus makan dua kali lebih banyak

Apakah Bunda pernah disuruh untuk melahap makanan dalam porsi yang lebih banyak dibanding sebelum hamil? Jika iya, maka Bunda tidak sendiri.

Ibu hamil memang membutuhkan asupan dan nutrisi yang lebih. Namun, bukan berarti Bunda harus makan sekaligus dua kali porsi biasanya.

Bagi pemilik berat badan normal, Bunnda hanya perlu tambahan asupan 300 kalori tiap harinya untuk mendukung pertumbuhan janin dalam kandungan.

Kalaupun merasa memiliki berat bada kurang atau justru berlebih, Bunda dapat meminta saran terbaik kepada dokter kandungan. 


7. Minum air kelapa muda dapat membuat rambut bayi lebat

Lebat tidaknya rambut bayi yang baru lahir sebenarnya dipengaruhi oleh faktor genetik.

Terlepas dari mitos seputar kehamilan yang menyebutkan bahwa air kelapa muda dapat melebatkan rambut anak kelak, air kelapa memang memiliki banyak kegunaan.

Air kelapa memiliki kandungan elektrolit berupa kalium yang dapat membantu mencegah terjadinya mual karena perut kembung. Jadi, jika Bunda ingin meminumnya saat tengah hamil, tentu bukanlah suatu masalah.

Namun, perlu diingat lagi jika hal tersebut tidak berkaitan dengan lebat atau tidak rambut anak nantinya. Tidak boleh pula dikonsumsi dengan berlebih, karena segala yang berlebihan tetap tidak baik.


Wah, ternyata cukup banyak juga ya, mitos kehamilan yang sering beredar dI masyarakat. Bunda pernah dengar yang mana, nih? Share di kolom komentar, yuk!

Post a Comment

39 Comments

  1. untuk para ibu ini tulisan yang perlu dibaca utuk menjawab beberapa kegalauan kita loh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekaligus nambah ilmu dan wawasan kita juga ya. Ada mitos sebagian daerah blm kita tahu, dengan baca artikel ini jadi tahu deh

      Delete
  2. makan dua kali lebih banyak ... huaa .. akibatnya bengkak deh ini badan ....

    ReplyDelete
  3. Ya ampyuuun justru baik banget buat kesehatan minum jahe ya. Kalau air kelapa mudah katanya bisa bikin kulit bayi bersih putih hihihihi. Apalagi yg pisang dempet ih ngeri bener ya. Aku malah dulu suka makan nanas, duren, mie goreng 2 bks hahahaha :D

    ReplyDelete
  4. Ini bekal literasi kesehatan bermanfaat bagi mom's yang sedang mengandung...semoga bermanfaat...

    ReplyDelete
  5. Semuanya saya pernah dengar. Maklum saya tinggal di kampung hehehe
    Banyak mitos lain malah, seperti bumil katanya baiknya makan menggunakan piring kecil, jangan makan nanas, dll...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha.. Sama mba..
      Semua juga saya pernah dengar.
      Tapi kalo yang minum air kelapa muda, agak beda.
      Katanya kalo minum air kelapa muda, kulit si baby nanti bakalan putih dan bersih.

      Delete
  6. Yang berhubungan intim itu memang terpikirkan ngeri ya, terutama bagi bumil pertama hahaha.
    Tapi memang kebanyakan yang hamilnya bermasalah dilarang ama dokter, apalagi yang sering keguguran, siap-siap puasa deh suaminya :D

    Kalau minum jahe, waktu hamil anak kedua saya sering banget, saking mualnya parah, tapi memang kudu direbus pakai air yang mendidih banget, biar kumannya mati :D

    ReplyDelete
  7. semua pernah dengar, beruntung tenaga medis sekarang berwawasan jauh ke depan

    saya juga rutin check up ke dokter kandungan

    sehingga ga percaya, tapi kalo ada yang ngasih air kelapa muda ya saya minum

    Enak sih ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya pun, hamil atau nggak, kalau ada yang ngasih kelapa muda pasti mau. Apalagi kalau pas cuaca panas gitu. Duh, kok jadi pengen air kelapa muda ya

      Delete
  8. Iya, pernah dengar dengan mitos pada tulisan di postingan ini. Selama hamil banyak mitos yang nggak aku percaya sih hehe. Soal makan banyak malah pas aku menyusui tuh, karena rasa lapar lumayan high tu. Mungkin pengaruh menyusui & produksi asi ya hehe.

    ReplyDelete
  9. Woaahh, semuanya daku pernah dengar mbaaa
    Memang kehamilan itu penuh dgn aneka mitos.
    semogaaa semua bumil sehaatt dan lancar ya

    ReplyDelete
  10. Haha...no 2 tuh yg masih sampai sekarang. Kalo lonjong cowok, kalo bulet cewek. Wkwkwk...Trus dulu aku disuruh minum air rebusan kacang ijo dong ama Mama supaya rambut bayi lebat. Ada benernya kalik, emang rambut anakku lebat dan hitam, padahal cowok. Tapi akibatnya, aku eneg ama air kacang ijo...Ga doyan lagi sekarang...Hihi...

    ReplyDelete
  11. Masukan buat daku nih nanti setelah berumahtangga nanti dan mengalami fase tersebut, agar bisa lebih bijak lagi

    ReplyDelete
  12. dulu dong yang parah pas mo lahiran aku disuruh minum air rendaman akar fatimah, yang ternyata secara medis itu berbahaya karena memaksa kita kontraksi huhuhu

    ReplyDelete
  13. Eh tapi poin yang ke-2 sering bener loh Mbak. Saya sering menebak lewat bentuk perut dan tidak pernah meleset.

    Kalau perut melebar biasanya bayinya cewek. Sementara bentuk perut yg mancung biasanya anaknya cowok. Kebetulan pula saya mengalami keduanya

    ReplyDelete
  14. Beberapa mitos kehamilan kadang menyesatkan ya...Syukur aku dulu hail di rantau orang, jauh dari ortu dan mertua..jadi enggak denger larangan itu ini hihihi. Tapi orang lain kadang bilang sih..kalau masih logis sih aku pertimbangkan sarannya. Kalau enggak mending nanya ke dokter kandungan aja

    ReplyDelete
  15. Hampir semua daerah memiliki mitos2 ini, ya, Mba? Terutama yang ga boleh makan pisang dempet, dan ga boleh potong rambut. Hehe. Dulu hamil Intan, aku sih potong rambut 2 bulan sekali, dan sering dilarang oleh tetangga sebelah yang udah nenek-nenek. Hehe.

    ReplyDelete
  16. Jadi tahu deh mitos kehamilan yang kaya gitu selama hamil selalu USG alhamdulillah

    ReplyDelete
  17. Susah memang ya namanya ibu hamil itu. Banyak orang yang pengen ngatur. Nggak boleh ini, nggak boleh itu. Takutnya malah terjadi stres.

    ReplyDelete
  18. Di antara yang dipaparkan di atas, hanya yang tentang jahe saya gak dengar. Tapi soal makanan,banyak juga yang orang2 tua dulu larang konsumsi, di antaranya durian.😅

    ReplyDelete
  19. Iya kak.. selain 7 mitos itu ada lagi, jangan lupa bawa gunting atau peniti. Trus kacang ijo supaya rambut lebat.
    Memang ibu hamil harus diedukasi juga nih kak, biar gak termakan salah mitos.

    ReplyDelete
  20. Minum air kelapa, kacang hijau dll bikin rambut bayi lebat ya katanya.. yang pentinjg bisa hidup lebih sehat saja.. kalau untuk orang muslim biasanya tambhakn baca surat Yusuf agar terlihat ganteng rupawan.. tapi sayang kalau karena itu niatnya (bukan karena Allah) jadi kurang afdol

    ReplyDelete
  21. Yang minum air kelapa muda itu udah sering bangett hehhe dan katanya sih emang ngefek dan udah banyak yg buktiin sih. Cuman masih sangsi juga karena Aku sendiri belum pernah membuktikan sih.

    ReplyDelete
  22. Oh no ternyata cukup banyak mitos mitosnya, sayangnya saya dengar cuman 1 nggak boleh makan pisang dempet. Dan itu sunggu masih melekat di masyarakat, entah filosofi darimana

    ReplyDelete
  23. Rasanya memang cukup banyak mitos yang berkembang di masyarakat soal kehamilan ya. Terutama soal jenis kelamin bayi dari bentuk perut ibu saat hamil. Bahkan masih jadi bahan pembicaraaan saat memuji orang terdekat yang sedang hamil juga lho.

    ReplyDelete
  24. Mitos lainnya katanya kalau keseringan makan nanas bisa keguguran heheh bener ga sih apa cuma mitos aja ya

    ReplyDelete
  25. Khusus nomor 7 itu percaya gak percaya sih mba. Kekeke. Soalnya saya mengalami sendiri. Saya beneran rajin minum air kelapa muda, khususnya kelapa hijau selama hamil si kakak dan adik kembarnya. Manfaatnya benar-benar saya lihat. Kulit anak-anak saya mulus, bersih, putih, dan rambut mereka rata-rata lebat.

    ReplyDelete
  26. Adalagi katanya klo hamil gak boleh minum air es nnt janinnya sakit

    ReplyDelete
  27. Saya paling sering mendengar tentang bentuk perut ibu dan minum air kelapa itu. Ternyata memang cuma mitos ya,kirain beneran juga karena ramai yang mengikuti mitos tersebut.

    ReplyDelete
  28. ini merupakan informasi yang wajib buat para bunda dan calo bunda nnti. semoga artikel ini terus di dengar oleh bunda yang lainnya

    ReplyDelete
  29. betul sekali semua mitosnya hampir semuanya saya pernah dengar kecuali tidak boleh memotong rambut saya baru tahu dari tulisan mba, kayaknya memang mitos ini masih beredar kuat di masyarakat ya mba

    ReplyDelete
  30. Ternyata kalau bentuk perut itu juga mitos ya, aku kira beneran kayagitu hihi. Semua poin yg d atas benar nih sering dengar, spt memakan buah pisang dempet dan potong rambut

    ReplyDelete
  31. Semuanya pernah denger sampai khatam dan bosan dulu dengernya pas lagi hamil tuh, untung aku selalu nanya tuh ke dokter pas tiap jadwal konsultasi dan USG, jadi lumayan gak terpengaruh sama hoaks-hoaks kehamilan itu tuh

    ReplyDelete
  32. Dari 7 mitos diatas semuanya udah pernah daku dengar santer di masyarakat. Kalo no 1 ini dipercaya rasa-rasanya rada kasian juga ya sama kaum bapak. Mengingat masa kehamilan dan jifas lumayan kan ya kalo dibikin puasa.
    Tambahan lagi nih mba, gak boleh bunuh binatang, nanti anaknya cacat.

    ReplyDelete
  33. Pisang Dempet saya dilarang karena untuk menghindari kejadian anak lahir kembar siam
    Entah darimana datangnya mitos ini sehingga berkembang dan mendarah daging

    ReplyDelete
  34. hihi.. iya kak, pernah denger semua itu, tp gak percaya sih :) dulu inget bgt pas hamil gedeterus kebetulan ada gerhana matahari, eh disuruh ngunmpet di bawah meja haha

    ReplyDelete
  35. Yang pernah dengar cuma yang bentuk perut ibu..yang lainnya baru tau sekarang ternyata banyak banget yaa mitos untuk ibu hamil..darimanalah muncul pemikiran ini yaa

    ReplyDelete
  36. Yang paling sering saya dengar tuh mitos bahwa minum air kelapa muda bikin lancar saat melahirkan. Entah benar apa tidak yang jelas keluarga saya mempercayainya.

    ReplyDelete